Kegiatan

Dengan karya budayanya Wisma Jerman bertujuan untuk mempromosikan pertukaran antar budaya dan pada saat yang sama menyampaikan citra komprehensif Jerman kontemporer. Dengan menawarkan ruang budaya dan bekerja sama dengan kelompok aktif budaya dan individu dari berbagai latar belakang dan asal-usul, Wisma Jerman memungkinkan dialog antar budaya dan partisipasi budaya. Sejumlah program budaya yang sangat menarik telah dilaksanakan sejak berdirinya Wisma Jerman, beberapa di antaranya merupakan hasil kerja sama dengan Goethe-Institut, sementara yang lain menjadi hidup berdasarkan inisiatif Wisma Jerman itu sendiri. Dalam beberapa tahun terakhir kegiatan budaya Wisma Jerman berfokus pada film, musik, seni dan wawasan budaya.

Di bawah ini Anda dapat menemukan beberapa informasi tentang program budaya Wisma Jerman baru-baru ini.

Hallo, Halle!

Sejak Februari 2020 format program bulanan baru ini adalah putaran diskusi informal yang diadakan setiap hari Sabtu kedua setiap bulan. Hallo, Halle! menyajikan topik yang sedang tren dengan cara yang menyenangkan dan menghibur bagi kaum muda dan muda di hati. Pada beberapa kesempatan topik ditingkatkan dengan lokakarya atau kegiatan lain yang secara aktif melibatkan para peserta. Untuk tujuan ini Hallo, Halle! secara teratur bekerja sama dengan organisasi dan pembicara ahli. Apakah Anda memiliki ide untuk topik yang ingin Anda diskusikan dengan audiens kami di Hallo, Halle !? Jangan ragu untuk mengirimkan ide Anda kepada kami dan kami akan melihat bagaimana kami dapat mengembangkannya bersama. Anda dapat mengirimkan ide Anda kepada rebeca@wisma-jerman.or.id dan mungkin Anda akan menjadi mitra kami untuk Hallo berikutnya, Halle!. Untuk partisipasi, daftarkan diri Anda @ bit.ly/HALLOHALLE01

Deutsch Kochen!

Selain dikenal sebagai negara sepak bola, Jerman juga memiliki tradisi kuliner yang kaya dan terkenal di seluruh dunia dengan bir dan sosisnya. Namun, masakan Jerman memiliki lebih banyak untuk ditawarkan kepada penggemar makanan dan pecinta memasak. Dengan demikian Wisma Jerman mengundang muda dan tua untuk bergabung dengan Deutsch Kochen! untuk mengeksplorasi dan belajar cara memasak hidangan khas Jerman yang lezat. Deutsch Kochen! adalah kelas memasak yang diadakan 3-4 kali setahun, biasanya pada hari Sabtu pagi. "Koki" berpengalaman berbagi pengetahuan mereka tentang hidangan Jerman dan mengajari peserta cara memasaknya. Hidangan bervariasi untuk setiap kelas dan setelah itu peserta dapat menikmatinya bersama dan mendiskusikan hasil usaha mereka. Jadi tunggu apa lagi? Daftar sekarang (bit.ly/WJDEUTSCHKOCHEN) untuk edisi berikutnya dari Deutsch Kochen! dan menguasai beberapa makanan terbaik Jerman.

Eropa di Layar

Europe on Screen adalah festival film tahunan yang diprakarsai dan diselenggarakan oleh Uni Eropa (UE) dan diadakan di kota-kota terpilih di Indonesia. Setiap edisi tahunan memiliki satu atau lebih tema fokus tertentu. Festival ini juga mendorong kerja sama antara industri kreatif Eropa dan Indonesia sebagai sektor ekonomi yang berkembang. Sebagai mitra venue festival, Wisma Jerman akan menayangkan pilihan produksi film terbaik dari negara-negara anggota Ue yang menunjukkan keragaman dan keunikan serikat pekerja dan negara-negara anggotanya. Semua pemutaran tidak dikenakan biaya dan terbuka untuk umum.

Rumah Terbuka

Wisma Jerman Open House adalah acara yang tidak boleh dilewatkan. Pengunjung yang sering datang dari acara ini tidak sabar untuk bergabung dengan reli kuis melalui tempat Wisma Jerman dan menikmati beberapa makanan Jerman yang lezat. Open House adalah acara tahunan yang diadakan di mana Wisma Jerman membuka pintunya untuk umum. Para tamu diundang untuk menjelajahi berbagai kamar dan stasiun yang menawarkan berbagai kegiatan yang memperkenalkan bahasa dan budaya Jerman dan memungkinkan wawasan dalam kegiatan Wisma Jerman. Pengunjung dapat mencoba sendiri dalam bahasa Jerman dalam kursus percobaan dan permainan mini atau mencari konsultasi tentang tinggal, bekerja atau belajar di Jerman. Semua dalam semua itu adalah hari yang menyenangkan dengan banyak kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru, membuat teman-teman baru dan menciptakan kenangan abadi.

Pameran Pendidikan Tinggi Swiss Jerman (GSHEF)

Sejak 2012, Wisma Jerman menjadi tuan rumah pameran studi tahunan ini yang setiap tahun menarik minat banyak anak muda yang ingin belajar lebih banyak tentang peluang untuk belajar di Jerman. Mulai tahun 2015, beberapa lembaga pendidikan Swiss juga bergabung sebagai peserta. Sejak itu acara ini dikenal sebagai German-Swiss Higher Education Fair (GSHEF). GSHEF menawarkan informasi yang komprehensif bagi Anda yang berencana untuk belajar di Jerman atau Swiss dengan membawa lembaga dan organisasi terkait pendidikan dari kedua negara bersama-sama di satu tempat. Pengunjung GSHEF dapat memperoleh informasi mulai dari persyaratan untuk memasuki Uni Eropa, mencari universitas dan beasiswa yang tepat hingga informasi mengenai kehidupan sehari-hari dan potensi tantangan di lingkungan baru di Jerman atau Swiss.

Sinema Jerman

German Cinema adalah program tahunan Goethe-Institut yang diselenggarakan oleh Wisma Jerman di Surabaya sejak 2012. Festival film ini membawa produksi film Jerman terbaru ke layar lebar di kota-kota terpilih di Indonesia. Festival ini secara teratur menarik banyak orang ke bioskop-bioskop canggih dan menampilkan kualitas dan variasi film Jerman. Semua pemutaran gratis dan terbuka untuk umum!

Festival Film Sains (SFF)

Science Film Festival (SFF) diselenggarakan di Asia Tenggara, Asia Selatan, Afrika Sub-Sahara dan Timur Tengah. Selama lebih dari satu dekade, program Goethe-Institut ini berhasil meningkatkan minat siswa dan mahasiswa Indonesia dalam sains dengan menyajikan topik ilmiah dengan penjelasan, visual, dan eksperimen yang mudah dipahami. Ini diimplementasikan di seluruh Indonesia bekerja sama dengan sejumlah besar mitra dan pendukung. Dengan demikian SFF menjangkau ribuan anak muda di kota-kota di seluruh kepulauan Indonesia. Di Surabaya Wisma Jerman menyelenggarakan dan melaksanakan festival sebagai mitra utama Goethe-Institut. SFF dilakukan di ruang Halle di Wisma Jerman dan di sekolah swasta dan publik terpilih, universitas atau tempat lainnya. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi festival film sains juga sekolah atau tempat Anda di Surabaya, Anda dapat menghubungi kami melalui email ke rebeca@wisma-jerman.or.id.

Film im Fokus

Format ini dimulai dengan berbagai pihak eksternal mendekati Wisma Jerman untuk kerja sama. Karena semua pihak yang berbeda ini entah bagaimana terlibat dengan film medium, ide lahir untuk menyatukan mereka semua dalam satu acara yang mencakup berbagai aspek film menengah. Edisi pertama Film im Fokus tahun lalu menampilkan beberapa pemutaran dan diskusi serta konser musik film dan lokakarya film selama seminggu. Selain mengambil tampilan yang komprehensif pada film medium, format ini juga menekankan pada kolaborasi dengan mitra yang berbeda baik lokal maupun dari luar negeri. Semua kegiatan selama Film im Fokus tidak dipungut biaya dan terbuka untuk umum.

Halle

Selain menginisiasi dan menyelenggarakan program budaya, kami juga menawarkan kesempatan bagi pihak ketiga untuk menggunakan auditorium Halle Wisma Jerman untuk acara mereka sendiri. Ruangan Halle dilengkapi dengan panggung, sound system, lcd projector, interactive display, dan tempat duduk hingga 80 pax. Sesuatu yang sangat istimewa adalah piano Steinway & Sons asli yang menjadikan ruangan Halle tempat yang ideal untuk konser klasik dan resital piano. Jika Anda tertarik dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang persyaratan penggunaan halle ruangan, Anda dapat menghubungi kami melalui email ke ipung@wisma-jerman.or.id.

Phone: +62315343735
Fax: +62315319507
Jawa Timur 60271, Indonesia
Jalan Taman AIS Nasution No. 15