Ekonomi

Sejak 2012, Wisma Jerman mewakili Kamar Dagang dan Industri Jerman-Indonesia (EKONID) di Surabaya.

Atas nama EKONID, bagian ekonomi di Wisma Jerman berfungsi sebagai representasi kepentingan ekonomi Jerman di Jawa Timur. Divisi ekonomi bertujuan untuk menghubungkan perusahaan Jerman dan lokal, serta untuk melaksanakan semua layanan EKONID di Jawa Timur, yang antara lain termasuk memulai acara sosial dan jaringan, memberikan dukungan aktif bagi perusahaan-perusahaan Jerman di Jawa Timur dan mengorganisir delegasi bisnis Jerman ke wilayah tersebut. Sebagai perwujudan EKONID, Wisma Jerman membangun jaringan pelaku politik dan ekonomi dalam rangka mendorong kegiatan perdagangan dan investasi di Jawa Timur. Kerjasama yang unik antara EKONID, Goethe-Institut Jakarta dan Kedutaan Besar Jerman memungkinkan acara jaringan yang sangat beragam dengan perwakilan dari masing-masing bidang. Perusahaan Jerman dapat dimasukkan langsung ke dalam pekerjaan Wisma Jerman. Selain itu mendukung integrasi perusahaan Jerman ke dalam ekonomi lokal dengan mempromosikan bahasa dan budaya Jerman di Jawa Timur.

Apa yang Kami Lakukan:

  • Membangun dan membina jaringan lokal anggota dan mitra strategis
  • Menyebarkan informasi tentang Jerman sebagai mitra dagang atau investasi
  • Menciptakan dan mengembangkan jaringan kontak politik dan ekonomi untuk mempromosikan
    perdagangan dan investasi di wilayah tersebut
  • Mengumpulkan, menganalisis dan memberikan informasi pasar tentang Jawa Timur dan
    Indonesia
  • Menawarkan dukungan langsung kepada perusahaan Jerman yang bertujuan untuk melakukan bisnis di wilayah tersebut
  • Menyelenggarakan acara networking seperti pertemuan bisnis reguler
  • Seminar dan lokakarya koordinasi
  • Melaksanakan acara promosi ekonomi di Jawa Timur seperti kunjungan delegasi atau
    dukungan perdagangan yang adil
  • Memperkuat kerja sama antara institusi Jerman dan Indonesia di
    urusan pendidikan, budaya dan ekonomi

Kegiatan

Kunjungan Delegasi Bisnis

Perjalanan bisnis adalah salah satu elemen terpenting dari promosi perdagangan luar negeri Jerman oleh pemerintah federal atau lokal. EKONID Surabaya telah menerima beberapa kunjungan delegasi bisnis dari berbagai sektor industri; Salah satu yang terbaru misalnya adalah delegasi industri maritim Jerman. Pada awal 2018 dan untuk ketiga kalinya, EKONID Surabaya bekerja sama dengan Kementerian Federal Jerman untuk Urusan Ekonomi dan Energi (BMWi) dan Asosiasi Industri Perkedebekaan dan Kelautan Jerman (VSM) menyelenggarakan acara dua hari di Surabaya untuk memfasilitasi anggota delegasi untuk mengeksplorasi kemungkinan pasar di Indonesia. Di Surabaya mereka mengunjungi galangan kapal penting dan perusahaan maritim lainnya dan membahas perkembangan terbaru di sektor maritim serta kemungkinan peluang bisnis dengan perwakilan mereka. EKONID Surabaya sejauh ini tidak hanya menerima beberapa kunjungan dari industri Jerman, tetapi juga dari pemerintah Jerman, serta perwakilan industri dari negara-negara lain di Eropa.

Klub Bisnis Jerman Surabaya (GBCS)

Untuk membangun dan membina komunitas jejaring di Jawa Timur, EKONID Surabaya telah melakukan Business Gathering secara rutin hampir setiap bulan dalam beberapa tahun terakhir. Pembicara tamu dari berbagai cabang memperkenalkan topik mereka kepada hadirin, seperti pasokan air dan listrik di Jawa Timur, manajemen keamanan untuk perusahaan atau strategi baru pemerintah Indonesia tentang pembangunan maritim atau sumber daya manusia dan masalah hukum untuk perusahaan asing. Setelah presentasi dan diskusi, pertemuan diakhiri dengan makan malam dan kesempatan berjejaring di teras Wisma Jerman.

Seminar dan Workshop

EKONID Surabaya mengkoordinasikan berbagai jenis seminar dan lokakarya untuk perusahaan lokal, mitra bisnis Jerman serta untuk masyarakat. Acara-acara ini dapat memiliki fokus dan kelompok sasaran yang berbeda. Beberapa dari mereka lebih spesifik sektor sementara yang lain menargetkan orang-orang dari berbagai bidang kerja. Pada tahun 2016 misalnya, EKONID Surabaya melaksanakan proyek dengan Michael Braems, Seorang Spesialis Google Adwords bersertifikat (RuhrSEO), untuk melakukan lokakarya tentang pemasaran online terutama pada optimasi mesin pencari. Peserta dari berbagai sektor bisnis dan mahasiswa mendapat wawasan tentang cara menggunakan internet sebagai instrumen yang ampuh untuk mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan angka penjualan produk. Lokakarya ini dirancang khusus untuk perusahaan kecil dan menengah yang membutuhkan lebih banyak wawasan tentang alat untuk mengoptimalkan situs web dan iklan mereka. Acara lain termasuk seminar tentang daur ulang energi atau lokakarya yang menantang masalah pengurangan lalu lintas di kota-kota.