Talkshow Bundesliga: "Mengapa, Bagaimana dan Apa Implikasinya?"

 "Kembalinya Bundesliga: Mengapa, Bagaimana dan Apa Implikasinya?"

Pada pertengahan Mei, Bundesliga menjadi liga sepak bola Eropa pertama yang melanjutkan operasinya setelah jeda awal karena pandemi COVID-19. Sementara liga-liga besar Eropa lainnya seperti Ligue 1 Prancis dan Eredivisie Belanda masih ditahan, Bundesliga melanjutkan operasi sebagai yang pertama dari jenisnya di Eropa. Pertandingan akan berlangsung tanpa penonton dan di bawah protokol kesehatan yang ketat. Langkah berani itu menjadi contoh bagi federasi sepak bola lain seperti Liga Primer Inggris dan Serie A di Italia, yang pada gilirannya memutuskan untuk melanjutkan operasi mulai Juni.

Sepak bola menjadi olahraga nasional dan aspek penting dari kehidupan sosial di Jerman, Wisma Jerman memutuskan untuk menjadi tuan rumah talk show virtual pada hari Sabtu, 6 Juni 2020, dan mendiskusikan perkembangan ini dengan para ahli sepak bola dari Indonesia dan Jerman. Pada acara yang hadir adalah:

  • Patrick Sofian Ghigani, mantan pemain profesional Jerman yang pernah bermain untuk LR Ahlen dan SpVgg Unterhaching di 2. Bundesliga. Selain itu, dia telah bermain di 3. Bundesliga untuk SC Pfullendorf dan untuk tim di Tunesia, Yunani dan Liga1 Indonesia. Saat ini Patrick memegang lisensi pelatih UEFA B dan bekerja sebagai pelatih akademi sepak bola di Munich.

  • Iwan Nasution, yang merupakan penasihat untuk FC Bayern Fanclub Indonesia. Sebelumnya ia menjabat sebagai Ketua Umum FC Bayern Fanclub Indonesia. Selama masa jabatannya sebagai ketua, ia menunjukkan dukungannya untuk tim pada banyak kesempatan, antara lain secara langsung ketika FC Bayern sedang tur melalui Asia serta secara tidak langsung melalui acara yang melibatkan tim dan klub penggemar sama seperti klinik pelatihan dan langkah-langkah promosi.

  • Heiko Leipersberger, wasit di Landesliga Jerman. Heiko saat ini aktif sebagai wasit di Landesliga Baden-Württemberg, yang mencakup klub-klub di negara bagian federal Jerman Baden-Württemberg. Selain itu, Heiko juga terlibat sebagai wasit di Bezirksliga Hohenlohe dan sebagai Wakil Ketua Asosiasi Wasit di Schwäbisch Hall, Baden-Württemberg.

  • Johan Prasetya, asisten pelatih Persik Kediri dan saat ini pemegang lisensi pelatih B AFC. Sebelum itu ia adalah pemain profesional untuk tim Liga 1 Indonesia Arema Malang dan Persik Kediri. Saat ini ia menjadi asisten pelatih Persik Kediri di liga tertinggi Indonesia.

Acara ini diselenggarakan dalam bahasa Indonesia dan Jerman dan berlangsung dari pukul 19:00 hingga 21:00. Setelah pembukaan oleh Maximilian Harnecker, Kepala Bagian Bahasa di Wisma Jerman dan dirinya sendiri penggemar sepak bola besar, Fajar Nugroho yang merupakan seorang guru di Wisma Jerman, wasit dan pemain sepak bola dengan kebajikan mengambil alih sebagai moderator. Di bawah bimbingannya, para pembicara tamu membahas perkembangan terbaru di Bundesliga dari perspektif pemain, penggemar, wasit, dan pelatih. Acara ini disambut oleh 45 peserta dari Jerman dan Indonesia yang mengikuti diskusi yang meriah dengan penuh semangat. Setelah sesi tanya jawab, malam berakhir dengan sesi kuis online dan beberapa kata terakhir oleh pembicara dan moderator.

Phone: +62315343735
Fax: +62315319507
Jawa Timur 60271, Indonesia
Jalan Taman AIS Nasution No. 15