Sore, Wisjer!: Hidangan Jerman

Sore, Wisjer!: Hidangan Jerman

Pada bulan September Sore WisJer! kembali dengan edisi keenam dan wajah yang akrab bagi teman-teman Wisma Jerman. Maria Jäckel, mantan sukarelawan di Wisma Jerman, menyapa penonton pada sore hari melalui Instagram Live untuk berbicara tentang makanan dan minuman khas Jerman. Diskusi santai dimulai dengan Maria berbagi pengalamannya dengan makanan Indonesia dan beberapa kesamaan dengan makanan Jerman. Misalnya bakso dan leker, dua makanan khas Indonesia yang memiliki rekan-rekan mereka di Hackfleischbällchen Jerman (bakso) dan Pfannkuchen (pancake). Menurutnya leker rasanya seperti pancake namun dengan tekstur yang lebih tipis.

Makanan khas "untuk massa" di Jerman adalah Wurst (sosis). Mengapa "makanan untuk massa"? Karena di Jerman Wurst hadir dalam berbagai macam bentuk dan bentuk yang tak terhitung jumlahnya dan hampir setiap daerah memiliki Wurstspezialität (spesialisasi sosis) sendiri. Salah satu yang paling populer adalah Currywurst yang berasal dari ibukota Berlin. Makanan jalanan khas Jerman ini adalah makanan pokok di kalangan pengunjung dan orang Jerman. Biasanya Currywurst menggunakan potongan Bratwurst seukuran gigitan, yang dibumbui dengan saus tomat kari, saus berdasarkan saus tomat yang diatapi dengan bubuk kari dan / atau rempah-rempah lainnya. Camilan jalanan yang lezat ini dapat ditemukan dengan mudah di Imbiss stasioner (warung makan) atau truk makanan.

Berbeda dengan Currywurst, yang berasal dari Jerman, makanan lain yang sangat terkenal di Jerman, Döner Kebab, dibawa oleh imigran Turki pada awal 1970-an. Saat ini makanan jalanan yang lezat ini dapat ditemukan di hampir setiap sudut di seluruh Jerman dan sejak itu mengembangkan varian khas Jerman yang berbeda dari versi Turki asli. Dalam hal minuman, Jerman tentu saja terkenal dengan birnya. Sama seperti dengan sosis, ada berbagai macam bir Jerman yang berbeda, banyak dari mereka hanya tersedia di wilayah geografis tertentu. Dengan 300 pabrik bir, wilayah Franken di Bavaria menawarkan kepadatan pabrik bir tertinggi di dunia dan hampir masing-masing memiliki merek bir sendiri.

Pembicaraan makanan tidak akan lengkap ketika tidak menyebutkan makanan penutup. Mungkin makanan penutup Jerman yang paling terkenal adalah Schwarzwälder Kirschtorte (kue hutan hitam). Hal ini dapat ditemukan di seluruh dunia saat ini dan sering disajikan pada acara-acara khusus seperti ulang tahun dan perayaan keluarga.

Phone: +62315343735
Fax: +62315319507
Jawa Timur 60271, Indonesia
Jalan Taman AIS Nasution No. 15